Subscribe Now

Trending News

Blog Post

SanDisk Extreme PRO USB 3.1 128GB Review
Review

SanDisk Extreme PRO USB 3.1 128GB Review

Sandisk Extreme Pro USB 3.1 Solid State Flash Drive merupakan SSD (Solid State Drive) yang di balut dalam desain Flash Drive. Initinya alat ini merukapakan SSD rasa flash disk. Karena bentuknya yang seperti flash drive, akan memudahkan saat di bawa kemana-mana dibandingkan jika anda membawa external drive.

Alasan kami menggunakan disk Extreme Pro USB 3.1 bukan hanya untuk penyimpanan data. Jika hanya untuk penyimpanan data mungkin flash drive ini terlalu mewah. Alasan kami yang utama adalah ingin menggunakan flash disk ini untuk menjalankan Windows 10 menggunakan Parallels.

Spesifikasi Sandisk Extreme Pro USB 3.1

Sandisk Extreme Pro USB 3.1 tersedia dalam 2 kapasitas, yaitu 128GB dan 256GB, yang kami gunakan untuk test adalah yang versi 128GB. Untuk spesifikasi lengkap bisa di lihat di web resmi Sandisk. Tidak ada perbedaan speed untuk kedua versi.

Kapasitas128 GB256 GB
Read SpeedHingga 420MB/s Hingga 420MB/s
Write SpeedHingga 380MB/s Hingga 380MB/s
GenerasiUSB 3.1 (Gen 1)USB 3.1 (Gen 1)

Desain

Desain body flash drive ini lumayan bagus, dengan warna hitam glossy memberi kesan futuristik. Namun yang kami rasakan flash drive ini agak lebih panjang dibanding flash drive biasanya. Pada box cover depan tertulis klaim mereka untuk speed adalah 420MB/s Read dan 380MB/s Write. Speed yang cukup lumayan, hampir menyamai speed SSD pada umumnya.

Box SanDisk Extreme Pro USB 3.1

Test Kecepatan

Desain yang agak panjang tidak akan menjadi masalah, karena tetap ringkas saat di gunakan di banding anda menggunakan SSD external seperti Samsung T3. Kami akan melakukan test kecepatan dengan Menggunakan Black Magic Disk Speed Test dengan Mac OS, dan CrystalDiskMark dengan menggunakan OS Windows 10.


Black Magic Disk Speed Test

Berikut adalah hasil pengetesan menggunakan Black Magic Disk Speed Test menggunakan Sistem Operasi Mac OS. Tingkat Stress yang kami setting adalah 5GB.

Test Dengan Black Magic Disk Speed Test
Test Dengan Black Magic Disk Speed Test

Hasil yang kami dapatkan adalah 332.6 MB/s untuk Write dan 384.9 MB/s untuk read. Memang masih belum memenuhi klaim mereka, tapi ini cukup lumayan dibanding menggunakan hard drive.

CrystalDiskMark

Selanjutnya kami menggunakan CrystalDiskMark untuk melakukan pengetesan menggunakan Sistem Operasi Windows. Dan hasilnya adalah sebagai berikut.

Test Menggunakan CrystalDiskMark
Test Menggunakan CrystalDiskMark

Hasilnya seperti pada gambar diatas untuk Seq Q32T1 205.9MB/s untuk read dan 179.2MB/s untuk write. Entah mengapa angkanya jauh di bandingkan menggunakan Black Magic. Mungkin karena kami menggunakan Virtualisasi untuk windows nya.

Test Copy File

Nah, selanjutnya kami akan melakukan test copy file sebesar 52GB langsung ke Sandisk Extreme Pro USB 3.1 ini. Untuk mengcopy file dengan besar 52.22GB membutuhkan waktu 2 menit. Ini lumayan cepat, karena jika menggunakan flash drive biasa membutuhkan waktu diatas 10 menit.

Test Copy File 52GB
Test Copy File 52GB

Test Booting dan Shutdown Windows

Nah, selanjutnya kami akan melalkukan testing booting Windows 10 yang di install menggunakan Parallel Desktop menggunakan disk Sandisk Extreme Pro. Hasilnya cukup lumayan, untuk boot hanya memakan wakti sekitar 18 detik dan untuk Shutdown membutuhkan waktu sekitar 15 detik. Untuk detailnya silahkan melihat Video yang kami rekam di bawah ini.

Video Speed Boot dan Shutdown Windows 10 menggunakan Sandisk Extreme Pro USB 3.1

Kesimpulan

Dari sisi speed, Sandisk Extreme Pro USB 3.1 masih belum menyamai Speed SSD External. Namun dari sisi ringkas flash drive ini cukup bagus. Untuk menjalankan windows masih cukup. Mungkin kedepannya akan ada SSD berupa flash drive yang lebih kecil dan lebih cepat lagi.

Berikut adalah resume hasil pengetesan kami.

AdvertiseBlackMagicCrystalDiskMark
Write Speed380 MB/s332.6 MB/s179.2 MB/s
Read Speed420 MB/s384.9 MB/s205.9 MB/s
Boot Windows 1018 Detik
Shutdown Windows 1015 Detik

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *