Subscribe Now

Trending News

Blog Post

Install Raspberry Pi dengan NOOBS
Install Raspberry Pi dengan Noobs
Raspberry Pi

Install Raspberry Pi dengan NOOBS

Instalasi Raspberry Pi dengan NOOBS (New Out Of Box Software) merupakan cara Install Raspberry Pi yang paling mudah. Raspberry Pi di rancang dengan segala kemudahan instalasi dan konfigurasi agar mudah di pahami oleh pengguna, termasuk pengguna baru yang belum pernah melakukan Instalasi OS. Berbeda dengan instalasi secara headless, instalasi dengan NOOBS membutuhkan perangkat I/O standard seperti mouse, keyboard dan monitor. Cara instalasi ini tidak rumit, karena konfigurasi dilakukan didalam user interface yang mudah di pahami.

Persiapan

Berikut adalah beberapa persiapan yang berupa hardware ataupun software untuk memulai instalasi dengan NOOBS.

  • 1 Unit Raspberry Pi 3 Model B+
  • 1 Unit Power Supply, diasarankan diatas 1A.
  • Micro SD 8GB atau lebih, disarankan class 10.
  • Card Reader yang mendukung Micro SD
  • Monitor yang mendukung HDMI
  • Keyboard dan Mouse dengan Interface USB
  • Software SD Formater. Silahkan download melalui link ini.

Jika anda menggunakan Raspberry Pi Zero, anda membutuhkan konverter Mini HDMI to HDMI female adapter. Banyak tersedia di berbagai toko online. Harganya sekitar Rp. 15.000 s/d Rp. 25.000.

Jika anda memiliki monitor dengan port VGA, anda bisa menggunakan konverter HDMI ke VGA. Harganya sekitar Rp. 25.000 s/d Rp. 50.000.

Konverter Mini HDMI to HDMI dan HDMI to VGA
Konverter Mini HDMI to HDMI dan HDMI to VGA

Dalam percobaan kali ini kami menggunakan Raspberry Pi 3 Model B+, dengan versi NOOBS v 3.0.1 full (Offline).

Persiapan NOOBS dan Micro SD

Install SD Formater di PC anda, setelah selesai menginstall, format SD card dengan software tersebut.

Format dengan SD CARD Formater
Format dengan SD CARD Formater

Selanjutnya download NOOBS dari situs resmi Raspberry Pi. Untuk mendownload silahkan klik disini. Ada dua versi NOOBS yaitu NOOBS dan NOOBS lite. Perbedaannya, untuk NOOBS lite, anda harus menggunakan internet saat proses instalasi. Untuk NOOBS full, proses instalasi akan di lakukan secara offline.

Baca Juga:  Install Tensorflow dan Keras di Raspberry Pi
Halaman Download NOOBS
Halaman Download NOOBS

Setelah berhasil di download, silahkan extract file langsung ke Micro SD yang sudah di format sebelumnya. Sebetulnya anda bisa meng-extract file di folder manapun, dan mengcopy hasilnya ke Micro SD. Namun tidak efisien dan tidak hemat waktu.

Extract ke Micro SD
Extract ke Micro SD

Setelah selesai, Micro SD anda sudah siap untuk di gunakan. Eject micro SD dari PC anda.

Proses Instalasi

Masukan Micro SD ke Raspberry Pi anda. Siapkan monitor ke port HDMI, mouse dan keyboard yang tertancap di port USB. Lalu nyalakan Raspberry Pi anda. Tunggu intruksi selanjutnya di layar monitor anda.

Tampilan Pilihan Install Noobs
Tampilan Pilihan Install Noobs

Setelah muncul pilihan Instalasi di atas, ceklis pada pilihan Raspbian [RECOMMENDED], lalu klik pada button Install. Sistem akan melakukan instalasi, tunggu sampai selesai. Waktu yang di butuhkan variatif, tergantung jenis Micro SD anda. Sepengalaman kami dengan menggunakan Micro SD Sandisk 16GB Class 10 98MB/s, proses Instalasi berlangsung sekitar 30 menit.

Proses Instal Raspbian dengan NOOBS
Proses Instal Raspbian dengan NOOBS

Konfigurasi Awal

Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi awal. Prosesnya sangat mudah, karena anda hanya tinggal mengikuti wizard dalam interface Raspbian anda. Pada tahapan awal anda akan mendapatkan tampilan welcome dari Raspbian. Tekan tombol Next untuk memulai.

Halaman Welcome Screen Raspbian
Halaman Welcome Screen Raspbian

Setting Region, Bahasa dan Timezone

Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih Negara, bahasa dan timezone. Dalam percobaan kali ini kami memilih negara Indonesia dengan bahasa Indonesia dan Timezone Asia Jakarta. Lalu tekan Next.

Setting Negara, Bahasa dan Timezone
Setting Negara, Bahasa dan Timezone

Setting Password

Selanjutnya anda akan diminta untuk mensetting password. Silahkan ketikan password sesuai keinginan anda. Jika anda tidak ingin mengubah password, cukup kosongkan, lalu tekan Next. Password default Raspbian adalah raspberry dengan username pi.

Setting Password Raspbian
Setting Password Raspbian

Konfigurasi Black Border

Pada konfigurasi selanjutnya, anda akan mengkonfigurasi resolusi layar. Apabila pada monitor anda di pinggirnya ada border warna hitam, silahkan ceklis pilihan “This screen show a black border around the desktop“. Raspbian akan otomatis mengkonfigurasi resolusi layar yang cocok dengan monitor anda setelah restart nanti.

Konfigurasi Black Border

Pilih dan Konek Wifi

Pada tahapan ini, silahkan pilih jaringan wifi anda, dan masukan password yang sesuai agar Raspberry Pi anda terkoneksi dengan internet.

Konfigurasi dan Konek Wifi
Konfigurasi dan Konek Wifi

Update Software

Tahap terakhir dari wizard awal adalah pilihan update. Pilih Next untuk melakukan update Software. Selanjutnya anda akan di minta untuk merestart Raspberry Pi anda. Tekan pada tombol Reboot. Lalu tunggu Raspberry pi anda melakukan booting. Raspberry Pi anda sudah siap di gunakan.

Baca Juga:  Membuat Proyek Pertama Raspberry Pi Blink

Untuk detail cara Instalasi, anda bisa melihat Video di bawah ini.

Kesimpulan

Proses Instalasi dengan menggunakan NOOBS memang sangat mudah dan tidak terlalu banyak konfigurasi yang cukup rumit di bandingan dengan cara instalasi dengan Headless. Namun anda harus menyiapkan monitor yang support HDMI serta perangkat input seperti mouse dan keyboard.

Dilihat dari sisi cara dan efesiensi waktu, Install NOOBS sangat cepat dilakukan dan lebih mudah di pahami. Namun dari sisi penggunaan dan peralatan tetap lebih mudah melakukan instalasi secara headless.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *